Scroll to top

Akselerasi Program di Akhir Tahun

Home >PBI >Akselerasi Program di Akhir Tahun

Mengakhiri tahun 2023, pada Hari Jumat tanggal 29 Desember 2023 Prodi Bahasa Inggris STKIP PGRI Trenggalek melaksanakan tiga kegiatan sekaligus didalam satu hari. Kegiatan tersebut adalah Sidang Laporan Pertanggungjawaban Pengurus HMP ESA Periode 2022/2023, Pelantikan Pengurus HMP ESA Periode 2023/2024 dan Upgrading Pengurus Baru.

Sidang Laporan Pertanggungjawaban menjadi kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada hari itu. Sudah menjadi kewajiban di dalam berorganisasi bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus diawali dengan proposal kegiatan, diimplementasikan dan pada akhirnya harus di laporkan. Laporan Pertanggungjawaban dilakukan oleh Ketua HMP ESA Periode 2022/2023 yaitu Shintia Putri Kori Rahmawati dari semester 7. Sidang pertanggungjawaban dipimpin oleh Chyntia Aufa MS dari semester 3 yang kebetulan adalah English Language Ambasssador, didampingi oleh Hanif Ika Hastanti sebagai sekretaris pimpinan sidang. Sesuai dengan program kerja yang dibuat diawal periode, Shintia menjelaskan bahwa banyak program kerja yang terlaksana meskipun juga ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana karena beberapa hal. Salah satu alasan kenapa ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana adalah karena pada tahun 2023, semua terfokus pada kegiatan reakreditasi prodi di awal tahun yang Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan harapan civitas yaitu BAIK SEKALI. Shintia juga menjelaskan kegiatan yang tidak terlaksana akan dilanjutkan atau dilaksanakan oleh pengurus baru di periode berikutnya. Dari dinamika tersebut yang patut disyukuri adalah suksesnya pelaksanaan English Fair Tahun 2023 yang kali ini sasarannya adalah siswa SD dan SMA yang pesertanya memenuhi kuota yang ditetapkan oleh panitia. Dan dari paparan ketua HMP ESA Periode 2022/2023 melalui pimpinan sidang menyatakan bahwa Laporan Pertanggungjawaban pengurus ESA Periode 2022/2023 dinyatakan diterima dan dinilai memuaskan.

Agenda kedua yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah pelantikan pengurus dan anggota baru HMP ESA Periode 2023/2024. Pengurus HMP ESA Periode 2023/2024 diketua oleh Hanif Maulana Azizah (Semester 5). Badan Pengurus Inti yang diketuai oleh Hanif membawahi 4 divisi yaitu Education Division, PR & Human Resource Development Division, Skill & Interest Division dan Promotion & Publication Division. Kepengurusan HMP ESA ini dibina langsung oleh Sekretaris Prodi yang ex-officio sebagai pembina HMP ESA yaitu Mr Wawan Prasetyo, M.Pd. Prosesi pelantikan berlangsung sangat khidmat diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Setelah itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ibu Astried Damayanti, S.Pd., M.Pd memandu Sumpah dan Janji yang diucapkan oleh pengurus dan anggota dan melantiknya dengan mengalungkan identitas pengurus dan anggota HMP ESA Periode 2023/2024.

 Untuk pengembangan diri mahasiswa dan untuk memberi bekal pengurus melaksanakan tugasnya selama satu tahun ke depan, agenda yang terakhir adalah Uprading bagi pengurus HMP ESA Periode 2023/2024. Pada kegiatan ini pemateri Upgrading atau Latihan Dasar pengurus HMP ESA diambilkan dari pembina internal saja. Untuk pembina eksternal akan direncanakan untuk mengisi materi di kegiatan berikutnya. Materi yang diberikan untuk memberikan modal dasar pengurus untuk mengarungi dan melaksanakan tanggungjawabn sebagai pengurus HMP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi pertama disampaikan langsung oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Bu Astried Damayanti, S.Pd., M.Pd yang materinya adalah tentang Peran dan Fungsi HMP dan materi kedua disampaikan oleh Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Mr Wawan Prasetyo, M.Pd yang memberi materi tentang Organisasi dan Kepemimpinan. 

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris menegaskan dan mengharapkan bahwa HMP ESA bisa lebih produktif dan kontributif didalam membantu Prodi Bahasa Inggris melaksanakan program kerjanya untuk menggerakkan roda sistem dan organisasi prodi dan HMP untuk pengembangan yang intinya adalah bermuara pada Tridharma Perguruan Tinggi di STKIP PGRI Trenggalek dan khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris