Scroll to top
info@stkippgritrenggalek.ac.id (0355) 791551

Sejarah & Perkembangan

Home >Sejarah & Perkembangan

A. Masa Rintisan

Sejarah berdirinya STKIP PGRI Trenggalek tidak lepas dari sejarah perkembangan perguruan tinggi PGRI di Jawa Timur. Pada tahun 1978, Koordinator IKIP PGRI Jawa Timur di Tulungagung membuka cabang di Trenggalek dengan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (Fakultas Ilmu Pendidikan/Jenjang Sarjana Muda).

Pada tahun 1982, PGRI Cabang Trenggalek berusaha membuka/mendirikan IKIP PGRI Jawa Timur di Trenggalek (terlepas dari Tulungagung). Para inisiator atau pendiri pertama pada waktu itu adalah :

  1. Drs. Moersadi
  2. Drs. Soesanto Prijosoetomo
  3. Drs. Parlan Hadinata
  4. H.M. D a s i
  5. H. Soeyono
  6. Drs. Urip
  7. Drs. Trisno Sumarjo.

Gayung bersambut, masyarakat memberi respon yang positif, begitu juga halnya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek (Kandepdikbud.Kabupaten Trenggalek, Kantor Cabang Dinas P & K Kabupaten Trenggalek dan Kantor Departemen Agama Kabupaten Trenggalek), maka sejak tahun 1982 berdirilah IKIP PGRI Jawa Timur di Trenggalek, dengan pimpinan :

Dekan Koordinator : Drs. Moersadi.
Pembantu Dekan I : Drs. Soesanto Prijosoetomo
Pembantu Dekan II : Drs. Urip
Pembantu Dekan III : Drs. Bambang Ribut W.

Ada 2 (dua) Fakultas yang dibuka pada waktu itu, yakni Fakultas IlmuPendidikan (FIP) dengan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) jenjang Diploma 3 dan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-Kn) jenjang Diploma 3. Jumlah mahasiswa angkatan pertama pada tahun akademik 1982/1983 untuk 2 (dua) jurusan tersebut adalah 88 mahasiswa (KTP 37 mahasiswa dan PMP-Kn 51 mahasiswa). Pada waktu itu kita belum memiliki gedung dan sarananyapun masih sangat terbatas, sehingga ruang perkuliahan masih menggunakan (numpang) di gedung SDN Surodakan Trenggalek.

IKIP PGRI Jawa Timur di Trenggalek dinaungi dan dibina oleh Badan Hukum sebagai Badan Penyelenggara yang disebut Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YPLP PT) PGRI Trenggalek yang didirikan dengan Akta Notaris Masjkur, S.H. Nomor 10, tanggal 5 Juni 1985. Ketua Pengurus YPLP PT PGRI Trenggalek sejak tahun 1985 sampai sekarang adalah :

[ahm-wp-tabular id=20 template=grey]

Berkat perjuangan para pendiri maka pada tahun 1985 kita berhasil memiliki tanah dan dengan bantuan anggota PGRI Cabang Trenggalek berhasil membangun gedung sendiri di Jalan Supriyadi Nomor 22 Trenggalek. Itupun dengan jumlah lokal dan sarana yang masih sangat terbatas.

Pada tahun 1985, IKIP PGRI Jawa Timur di Trenggalek memperoleh Status Terdaftar dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 070/O/1985.

Pada tahun 1986 nama IKIP PGRI Jawa Timur di Trenggalek berubah nama menjadi STKIP PGRI Trenggalek dengan SK Mendikbud RI Tanggal 23 Mei 1986 Nomor 0395/O/1986, dengan susunan pimpinan sebagai berikut :

  1. Ketua STKIP PGRI Trenggalek : Drs. Moersadi
  2. Pembantu Ketua I : Drs. H.Parlan Hadinata
  3. Pembantu Ketua II : Drs. Urip
  4. Pembantu Ketua III : Drs. Bambang Ribut W.

Pada tahun 1986-1988 STKIP PGRI Trenggalek berhasil menambah 2 (dua) jurusan/program studi baru jenjang Strata 1, yaitu tahun 1986 Jurusan/Program Studi PIPS/Pendidikan Dunia Usaha/Koperasi (PDU/Koperasi) dan pada tahun 1988 Jurusan/Program Studi PBS/Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada tahun 1994, jenjang Diploma 3 untuk Jurusan/Program Studi PIPS/ Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), berhasil ditingkatkan menjadi jenjang Strata 1.

B. Masa Perkembangan

Dalam rangka melaksanakan ketentuan UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, maka pada tahun 2000 di lembaga STKIP PGRI Trenggalek terjadi perubahan struktur organisasi lembaga dan pergantian pimpinan baru, dengan susunan:

  1. Ketua STKIP PGRI Trenggalek : Drs. H.Parlan Hadinata
  2. Pembantu Ketua I : Drs. H.Sugeng Sulendro, M.M.
  3. Pembantu Ketua II : Drs. Sugito
  4. Pembantu Ketua III : Drs. Warino.

Pada masa kepemimpinan Drs. H.Parlan Hadinata selama 2 (dua) periode (2000-2008), STKIP PGRI Trenggalek mengalami masa perkembangan. Hal ini terbukti sejak tahun 2000 kedua jurusan/program studi yang ada mendapatkan status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan peringkat B, dengan SK Nomor 028/BAN-PT/Ak-IV/X/2000 untuk Jurusan/Program Studi : PIPS/PPKn dan SK Nomor 019/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000 untuk Jurusan/Program Studi : PBS/PBSI. Sejak menyandang status Terakreditasi, STKIP PGRI Trenggalek berhak menyelenggarakan proses pembelajaran dan ujian secara mandiri (tidak tergantung lagi pada PTN).

Dan pada tahun 2006 saat re-akreditasi kembali kedua jurusan/program studi tersebut berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan SK Nomor 021/BAN-PT/Ak-X/S.1/XII/2006 untuk Jurusan/Program Studi : PIPS/PPKn dan SK Nomor 020/BAN-PT/Ak-X/S.1/XII/2006 untuk Jurusan/Program Studi : PBS/PBSI.

Pada tahun 2007 STKIP PGRI Trenggalek berhasil menambah sarana pembelajaran berupa Laboratorium Bahasa yang cukup lengkap dan representatif.

Pada tahun 2008, kepemimpinan Drs. H.Parlan Hadinata habis masa baktinya dan terpilih formasi pimpinan baru pada lembaga STKIP PGRI Trenggalek, dengan susunan sebagai berikut :

  1. Ketua STKIP PGRI Trenggalek : Yudi Setiyono, S.H.,M.H.
  2. Pembantu Ketua I : Dra.Hj.Dwi Kuncorowati, M.Pd.
  3. Pembantu Ketua II : Drs. H.Parlan Hadinata
  4. Pembantu Ketua III : Drs. H.Sugeng Sulendro, M.M.

Pada masa kepimimpinan Yudi Setiyono, S.H.,M.H. (2008-2012) STKIP PGRI Trenggalek melakukan berbagai upaya peningkatan manajemen tata kelola (termasuk penataan struktural yang efektif, dan perbaikan sistem keuangan lewat sistem on line perbankan), sarana prasarana pembelajaran dan mutu pendidikan di lembaga STKIP PGRI Trenggalek. Penerapan sistem informasi manajemen melalui media komputerisasi, guna meningkatkan pelayanan administrasi kelembagaan dan administrasi akademik terus dioptimalkan. Sarana penunjang proses pembelajaran dengan teknologi informatika lewat tayangan LCD power point, perpustakaan berbasis IT yang cukup representatif, laboratorium Micro Teaching yang up to date dan media komunikasi internet/hotspot yang dapat diakses mahasiswa selama 24 jam gratis juga telah disiapkan.

Dibidang pengembangan sarana dan prasarana kampus, dalam rangka memenuhi tuntutan pembelajaran yang representatif dan berkualitas, dengan dukungan penuh dari YPLP PT PGRI Trenggalek dengan dana mandiri, STKIP PGRI Trenggalek pada tahun 2009 ini telah berhasil menyelesaikan pembangunan Ruang Perpustakaan Baru, Kantor Pusat, Ruang Rapat, Kantin Kampus dan Lapangan Bola Basket yang cukup representatif.

Pada tahun 2011 berhasil menyelesaikan pembangunan Gedung ?Yudistira? berlantai dua dengan kapasitas 14 ruang, yang terdiri dari 7 ruang perkuliahan lengkap dengan sarana penunjangnya, 1 ruang laboratorium Micro Teaching, 1 ruang Yayasan, 1 ruang program studi, 1 ruang Moshola, 1 ruang UKS, 1 ruang konseling, dan 1 ruang dosen. Dan pada tahun 2012 berhasil merenovasi Gedung ?Bima? lantai dua dengan jumlah 8 (delapan) lokal dengan dana Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dan pada tahun 2011 saat re-akreditasi kedua kembali kedua jurusan/program studi tersebut berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan SK Nomor 023/BAN-PT/Ak-XIV/S.1/IX/2011 untuk Jurusan/Program Studi : PIPS/PPKn dan SK Nomor 021/BAN-PT/Ak-XIV/S.1/VIII/2011 untuk Jurusan/Program Studi : PBS/PBSI.

Dibidang penambahan jurusan/program studi yang merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat/stakeholder dan juga merupakan salah satu agenda Rencana Strategis (Renstra) pengembangan institusi juga sedang dilakukan. Pada saat ini (2012) dua proposal pembukaan program studi baru yang diajukan STKIP PGRI Trenggalek kepada Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sudah mencapai tahap pemberian Ijin Pertimbangan (tahap akhir).

Jenjang kualifikasi pendidikan dosen STKIP PGRI Trenggalek juga terus ditingkatkan. Hal ini terbukti bahwa hingga 2012 ini lebih dari 70 % dosen STKIP PGRI Trenggalek telah berkualifikasi Magister (S2), 12 orang dosen sedang menyelesaikan studi pada jenjang strata dua (S2), dan 6 orang dosen sedang menempuh jenjang program strata tiga (S3/Doktor) ke Universitas Negeri Malang.

Sebagai bukti riil, atas meningkatnya kepercayaan masyarakat/stakeholder pada kampus ini, adalah ditandai dengan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun akademik 2011/2012 STKIP PGRI Trenggalek memiliki mahasiswa sejumlah 2435 yang tersebar dalam berbagai jurusan/program studi yang tersedia.

Pada tahun 2012, Yudi Setiyono, S.H.,M.H. kembali terpilih secara aklamasi oleh Senat STKIP PGRI Trenggalek untuk memimpin STKIP PGRI Trenggalek sampai dengan tahun 2016. Formasi pimpinan STKIP PGRI Trenggalek masa bakti 2012-2016 adalah :

  1. Ketua STKIP PGRI Trenggalek : Yudi Setiyono, S.H.,M.H.
  2. Wakil Ketua I : Dra.Hj.Dwi Kuncorowati, M.Pd.
  3. Wakil Ketua II : Sunarno, S.H., M.Pd.
  4. Wakil Ketua III : Drs. H.Sugeng Sulendro, M.M.

Dan sebagai bukti nyata semakin bertambahnya tingkat kepercayaan pemerintah kepada institusi ini adalah bahwa selama 4 (empat) tahun berturut-turut STKIP PGRI Trenggalek mendapatkan penghargaan dan ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional lewat Kopertis Wilayah VII Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi yang berprestasi, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Tahun 2013, Pengahargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang Berprestasi pada empat bidang Penilaian: Bidang Kelmbagaan dan tata Kelola, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat serta Kemahasiswaan
  2. Tahun 2014, Pengahargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang Berprestasi pada empat bidang Penilaian: Tata Kelola Kelembagaan & Kerjasama, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakatn Serta Pembelajaran dan Kemahasiswaan
  3. Tahun 2015, Pengahargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang Berprestasi pada empat bidang Penilaian: Tata Kelola Kelembagaan & Kerjasama, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakatn Serta Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dalam tahun 2015, STKIP PGRI Trenggalek juga mendapatkan Anugerah sebagai Perguruan Tinggi Unggulan (bentuk  Sekolah Tinggi)
  4. Tahun 2016, STKIP PGRI Trenggalek juga mendapatkan Anugerah sebagai Perguruan Tinggi Unggulan (bentuk  Sekolah Tinggi)

Berkat prestasi/penghargaan yang diraihnya dan fasilitas yang cukup memadai, biaya terjangkau, kualitas terjaga, tempat pembelajaran yang tenang dan nyaman, serta sistem penjaminan mutu yang berkulitas STKIP PGRI Trenggalek layak menjadi perguruan tinggi pilihan, dan siap bersaing.

Karena perkembangan situasi dan kondisi (faktor berkurangnya formasi pengangkatan tenaga kependidikan oleh pemerintah) maka sejak tahun akademik 1996/1997 jurusan/program studi di STKIP PGRI Trenggalek tinggal 2 (dua) yakni Jurusan/Program Studi PIPS/ Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan Jurusan/Program Studi PBS/Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Mulai dari tahun 2014  hingga tahun 2016 selama 3 tahun berturut turut STKIP PGRI Trenggalek mendapat kepercayaan untuk mendirikan Program Studi baru yaitu;

  1. Prodi Penjaskesrek berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 339/E/O/2014 tanggal 13 Agustus 2014
  2. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi nomor 49/M/Kp/III/2015 tanggal 20 Maret 2015
  3. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi nomor 276/KPT/I/2016, tanggal 29 Agustus 2016

Pada tahun 2016, untuk ke-3 kalinya Yudi Setiyono, S.H.,M.H. kembali terpilih secara aklamasi oleh Senat STKIP PGRI Trenggalek untuk memimpin STKIP PGRI Trenggalek sampai dengan tahun 2016. Formasi pimpinan STKIP PGRI Trenggalek masa bakti 2016-2020 adalah :

  1. Ketua STKIP PGRI Trenggalek : Yudi Setiyono, S.H.,M.H.
  2. Wakil Ketua I : Dra.Hj.Dwi Kuncorowati, M.Pd.
  3. Wakil Ketua II : Bahrul Sri Rukmini, S.H., S.Pd., M.Pd.
  4. Wakil Ketua III : Sunarno, S.H., M.Pd.

pada tahun 2016 saat re-akreditasi jurusan/program studi PIPS/PPKn  dan PBS/PBSI berhasil mendapatkan status TERAKREDITASI B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan SK Nomor 1058/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 untuk Jurusan/Program Studi : PIPS/PPKn dan SK Nomor 0652/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 untuk Jurusan/Program Studi : PBS/PBSI.