Visi Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Mewujudkan Pogram Studi yang professional, unggul dan berbudaya dalam menyelenggarakan Tri dharma perguruan tinggi guna menghasilkan pendidik pada bidang pendidikan jasmani, olahraga kesehatan, dan sportprenuer yang profesional serta mempunyai daya saing Pada Tahun 2024.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk mencetak tenaga pendidik di bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan sportprenuer yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang handal dan berkualitas.
- Melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan sportprenuer berbasis IPTEKS digunakan untuk mengembangkan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan bidang olahraga.
- Melaksanakan dan memanfaatkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan IPTEKS.
- Menyelenggarakan tata pamong program studi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
PROFIL LULUSAN
- Kualifikasi Lulusan (Jenjang Kualifikasi 6 KKNI) :
Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
- Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi.
- Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS.
- Mampu mengembangkan model pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS.
- Mampu melakukan kajian dan memberikan penyelesaian terhadap masalah pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan bersumber pada penelitian tindakan kelas.
- Mampu bersosialisasi dengan teman sejawat lembaga terkait alumni dan masyarakat sekitar dengan pengaplikasian dan pengembangan bidang ilmu pendidikan jasmani kesehatan rekreasi dan olahraga.
- Mampu menjadikan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga.
Pembina Ekstrakurikuler Olahraga
- Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler olahraga.
- Mampu memanfaatkan sumber daya dan potensi lingkungan dalam mengembangkan kegiatan ekstrakulrikuler.
- Mampu berinovasi, melakukan kajian dan memberi penyelesaian pada masalah pada lingkup kegiatan ekstrakurikuler secara ilmiah.
- Mampu memfasilitasi peserta didik dalam meraih prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga.
Masseur/Massasse
- Mampu mengaplikasikan ilmu massase dengan baik sebagai proses pencegahan dan penyembuhan cidera.
- Mampu menjadi masseur yang dinamis terkait dengan perkembangan IPTEKS pada bidang ilmu massase.
- Mampu melakukan kajian dan memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu massase.
Teacherpreneur
- Mampu melihat dan merealisasikan peluang bisnins yang baik sesuai dalam ruang lingkup bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan maupun bidang yang lainnya.
- Mampu melakukan kalkulasi untung rugi secara sederhana.
GELAR LULUSAN
Gelar lulusan program studi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan rekreasi : S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
TUJUAN PENDIDIKAN
- Mewujudkan pembelajaran Penjaskesrek yang inovatif dan efektif sesuai dengan standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sehingga dapat menghasilkan lulusan/tenaga pendidik bidang pendidikan, jasmani olahraga, kesehatan dan Sportprenuer yang berkompeten, berkepribadian dan senantiasa berorientasi pada permintaan pasar/kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan sportprenuer terpublish di jurnal nasional terakreditasi dan tersitasi serta menjadi referensi dalam pengembangan pembelajaran.
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu di bidang bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan sportprenuer serta dapat diadopsi oleh masyarakat luas.
- Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efesien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.
STRATEGI
- Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi terkait.
- Mengoptimalkan proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sarana-prasarana yang ada.
- Terserapnya lulusan di berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta.
- Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.
- Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Meningkatkan kinerja dosen dalam bentuk studi lanjut, workshop, seminar serta kegiatan ilmiah lainnya.
- Meningkatkan budaya kerja dalam mewujudkan tata kelola yang baik
KURIKULUM
Kurikulum pendidikan tinggi tingkat sarjana adalah seperangkat perencanaan pembelajaran yang disusun untuk membelajarkan mahasiswa. Secara mendasar, penyusunan kurikulum Program Studi Pendidikan Jasmani kesehatan dan rekreasi berlandaskan pada visi dan misi Prodi yang sejalan dengan visi dan misi STKIP PGRI Trenggalek. Kurikulum tersebut berisi kompetensi lulusan, bahan kajian, dan capaian pembelajaran yang bermuara pada mata kuliah yang disajikan kepada mahasiswa. Selain ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya di dalam kurikulum juga terdapat pedoman pelaksanaan perkuliahan baik untuk satu semester, sampai mahasiswa dinyatakan lulus maupun pedoman untuk beberapa mata kuliah yang pelaksanaannya berbeda dengan mata kuliah lain, dan juga pedoman penilaian hasil perkuliahan
STRUKTUR KURIKULUM
Jumlah sks yang tersedia adalah 158 sks dengan rincian 138 sks mata kuliah wajib dan 20 sks mata kuliah pilihan. Untuk menyelesaikan studi, lulusan harus mencapai 148 SKS dengan rincian 138 sks mata kuliah wajib dan 10 sks mata kuliah pilihan. Berikut pembagian sks mata kuliah wajib dan pilihan.
Majors
If you?re an educational professional who are looking to progress into management and consultancy, or an educational planning or development role, this is the best degree for you.
Provided by the KU Institute of Education, this programme is available by distance learning, allowing you to study flexibly while balancing work and personal lifes. The MSc Finance (EG. Banking) deepens your understanding of banks and financial markets, and how they relate to performance. It will help you to advance your career in finance and policy.
-
Banking
-
Economic Policy
-
Financial Sector Management
-
Quantitative Finance
Why Choose STKIP?
The STKIP University Alumni Association is excited to announce the arrival of KU Alumni Connect. This is a new community building platform for Kinster?s alumni. It is the only place online where you can find, and connect with, all 90,000 STKIP?s alumni. All alumni are automatically enrolled!
STKIP University was established by John Smith in 1920 for the public benefit and it is recognized globally. Throughout our great history, STKIP has offered access to a wide range of academic opportunities. As a world leader in higher education, the University has pioneered change in the sector.
Self Development
The STKIP University Alumni Association is excited to announce the arrival of KU Alumni Connect. This is a new community building platform for Kinster?s alumni. It is the only place online where you can find, and connect with, all 90,000 STKIP?s alumni. All alumni are automatically enrolled!
STKIP University was established by John Smith in 1920 for the public benefit and it is recognized globally. Throughout our great history, STKIP has offered access to a wide range of academic opportunities. As a world leader in higher education, the University has pioneered change in the sector.
Spirituality
The STKIP University Alumni Association is excited to announce the arrival of KU Alumni Connect. This is a new community building platform for Kinster?s alumni. It is the only place online where you can find, and connect with, all 90,000 STKIP alumni. All alumni are automatically enrolled!
STKIP University was established by John Smith in 1920 for the public benefit and it is recognized globally. Throughout our great history, STKIP has offered access to a wide range of academic opportunities. As a world leader in higher education, the University has pioneered change in the sector.
Alumni
The STKIP University Alumni Association is excited to announce the arrival of KU Alumni Connect. This is a new community building platform for Kinster?s alumni. It is the only place online where you can find, and connect with, all 90,000 STKIP?s alumni. All alumni are automatically enrolled!
STKIP University was established by John Smith in 1920 for the public benefit and it is recognized globally. Throughout our great history, STKIP has offered access to a wide range of academic opportunities. As a world leader in higher education, the University has pioneered change in the sector.
Why Study Here?
The Academic offers include 14 majors, 15 minors, and more than 100 in major specializations so your degree will surely reflect your interests and strengths.
Not only does STKIP University provide you the practical skills that is necessary to transition seamlessly into the workforce upon your graduation, but we also make sure that you will have a good sense of social justice so that you make the transition responsibly.
The PLP in Drafting Legislation, Regulation, and Policy has been offered by the Institute of Advanced Legal Studies with considerable success since 2004.
